Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Status WA pun Bisa Jadi Buku

BICARA
-update status, setiap kepala yang faham akan gadget pasti melakukan hal itu.

Terlebih, hari ini siapa anak milenial yang luput dari bekal itu? Tentu update status menjadi bagian dari eksistensi diri mereka terhadap aneka peristiwa, kreativitas diri yang dimiliki, dunia pekerjaan yang digeluti, hingga sekadar lucu-lucuan sebagai hiburan. Entah itu karya sendiri atau cukup mengunduh hasil karya orang lain untuk kemudian dijadikan update status.

Hanya saja, jarang dari kita coba untuk membuat status khas karya kita. Kalaupun ada, kadang status yang telah diketik dan ter-update dibiarkan saja menguap. Padahal bila status yang menurut kita inspiratif tersebut, jika kemudian dikumpulkan tentu akan menjadi  buah karya yang menarik untuk dibaca.

Sebaik bukti, buku berjudul 50 Status Inspiratif karya saya ini adalah kebenaran yang tak semu, dan rugi banget jika status kita yang terupdate di WA atau media sosial lainnya dibiarkan
begitu saja pergi. Berganti dan menghilang secara otomatis.

Padahal, jika di openi akan menjadi produk buku baru karya kita yang tak hanya rajin mengumpulkan karya orang lain ke dalam almari kita. Melainkan, coba membuktikan bahwa kita juga bisa membuat karya yang serupa.

Tentu bila di dalam almari atau ruang pustaka kita ada simpanan buku karya orang lain, mengapa kita tidak membuat karya yang serupa, semampu kita, untuk kita simpan pula?

Justru, dari karya sederhana sebagaimana karya saya, murah 20 ribu saja, membuktikan bahwa membuat karya tulis (buku) itu mudah. Tidak perlu njelimet-njelimat hingga memusingkan isi kepala kita. Karena esensi menulis itu harus dimudahkan prosesnya, baru setelah selesai mau dibanti dalam ruang 'editing' silahkan alias sumonggo.

Usman Roin adalah Pengurus Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Jawa Tengah dan penulis buku 50 Status Inspiratif (Semarang: YAPAPB Semarang, 2020), Menjadi Guru: Sehimpun Catatan Guru Menulis (Kendal: Pelataran Sastra Kaliwungu, 2019), Langkah Itu Kehidupan (Yogyakarta: Semesta Hikmah, 2013).

Posting Komentar untuk "Status WA pun Bisa Jadi Buku"

Berlangganan via Email