Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Olahraga Saat Puasa

KADANG-untuk menyempatkan olahraga saat puasa, beratnya minta ampun. Apalagi, bila selesai subuh 'tidak bisa mengontrol' untuk tidak beranjak ke tempat tidur lagi. Sangat jelas akan tergoda.

Di masa pandemi Covid-19 ini, di samping menjaga stamina puasa, berolahraga juga perlu dilakukan. Sebagaimana penulis, yang sesekali ‘walau tidak setiap hari’ bersepeda ke kantor. Tidak lain untuk menyeimbangkan antara olah spiritual (puasa) dan olahraga dengan bersepeda. Catatannya, bila jarak antara rumah dan kantor tidak terlalu jauh untuk dilakukan.


Berolahraga, saat puasa, memang tetap diperlukan. Hanya saja, jangan terlalu berlebihan karena save-ing makan kita terbatas. Padahal, masih ada beban tugas berupa berpikir yang kadang menghabiskan bekal makan sahur.


Berolahraga bisa dilakukan dengan memasukkan pada unsur-unsur kegiatan keseharian. Mulai dari mencuci baju hingga menjemur, kemudian menyapu lantai rumah hingga halaman. Lalu, bisa pula dengan menata ulang dekorasi, melihat sawah (bagi Pedesaan), hingga bercocok tanam atau coba untuk membuat kolam ikan walau hanya di ember sebagaimana yang penulis coba bersama istri.


Berolahraga saat puasa, juga bisa dilakukan via channel Youtube. Justru di sinilah bukti, walau stay at home, olahraga tetap bisa dilakukan. Tidak hanya sendirian, melainkan bisa berjamaah. Alias, semua keluarga diminta untuk menirukan gaya sebagaimana tayangan yang muncul di Youtube.


Akhirnya, untuk sehat kala puasa, berolahraga tetap harus dilakukan. Karena selain sisi spiritual, badan juga butuh digerakkan dengan berolahraga.



Catatan: Usman Roin
Semarang, 9 Ramadan 1441 H

Posting Komentar untuk "Olahraga Saat Puasa"

Berlangganan via Email