Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spirit Ramadan

MENAPAKI-Ramadan 1440 H/2019 M ini, akan menjadi sama (baca: dengan sebelumnya) bila tidak dipersiapkan. Karena bagi penulis, persiapan yang utama menyambut Ramadan selain sisi pengadaan konsumtif (baca: bahan memasak buka sahur bagi yang berkeluarga), juga adalah persiapan ruhani. Mulai dari spirit keingin salat tarawih dimana, baju atau mukena sudah dipersiapkan kebersihan dan kewangiannya atau belum, yang itu semua perlu diperhatikan guna motivasi pemaksimalan datangnya Ramadan kali ini.

Terlebih, doa kita kalau bulan Rajab datang, “Ya Allah, berkahilah di bulan Rajab dan Sya’ban ini serta sampaikanlah kami di bulan Ramadan” pun sudah terjawab. Ini menunjukkan, kesempatan yang diberikan Allah Swt melalui hadirnya Ramadan kali ini perlu dilakoni dengan sebaik-baiknya. 


Hal itu bisa dimulai dari pribadi kita, hingga bila sudah terpola kepada keluarga dan kerabat, serta teman, baru kemudian meluber menjadi spirit society (baca: jamaah) hingga melahirkan masyarakat edukatif fungsional. Yakni, saling memperkuat, memberi manfaat dalam rangka meningkatkan amaliah yang diperintahkan oleh Allah Swt.

Setelah secara pribadi mempersiapkan datangnya Ramadan, maka sarana untuk melaksanakan amaliah berjamaah, selama bulan Ramadan juga perlu dipersiapkan. Mulai dari membersihkan masjid dan musala, mengganti lampu penerangan yang mulai redup, membersihkan kipas angin dari debu, hingga menambah area tempat salat berupa pendirian tratak agar bisa menampung jamaah. 


Bahkan akan lebih menarik, mempersiapkan penceramah (baca: kultum) yang humoris juga  diperlukan. Tidak lain guna memberi pengingat akan berbagai amalian yang perlu dilaksanakan, demi sukses mengisi bulan Ramadan dan dari hal-hal yang membatalkannya. 

Dengan begitu, lewat sarana masjid dan musala fungsi edukatif akan bisa terpenuhi selain terpenuhinya fungsi ubudiyah berjamaah dan filantropi (baca: bersedekah). Akhirnya, sejuta manfaat dan pahala akan didapatkan bila secara pribadi dan sarana penunjang Ramadan dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.


Oleh: Usman Roin   
Pengelola website gurunulis.com

Posting Komentar untuk "Spirit Ramadan "

Berlangganan via Email