Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Jadwal Waktu Menulis

UNTUK-produktif menulis cara selanjutnya adalah dengan menjadwal waktu menulis. Fungsi dari jadwal ini adalah untuk memberi kepastian bahwa kegiatan menulis yang kita kerjakan "memiliki alokasi waktu khusus" untuk melakukannya. Selain itu, jadwal waktu menulis juga akan memberi kemudahan  membagi kegiatan kita untuk hal-hal yang produktif. Di samping itu juga sebagai sarana meningkatkan keterampilan menulis agar lebih luwes.
Tentang kapan waktu yang tepat untuk menulis hakekatnya kita saja yang bisa menentukannya. Saatkan menentukan jadwalnyapun tidak perlu kaku pengalokasiannya, melainkan luwes saja. Yang terpenting aktifitas menulis tetap dipenuhi sesuai dengan kesepakatan yang telah kita buat sendiri. Bisa pagi setelah subuh, atau setelah sarapan, bahkan saat malam tiba itu semua tergantung kita. Ukurannya pun bisa setiap saat, jam, hari, atau mingguan. Yang terpenting pikiran kita fress. Tidak penuh oleh beban pekerjaan atau masalah-masalah rumah tangga, dan lainnya.
Agar pikiran kita fress dalam menulis, usahakan untuk istirahat sejenak terlebih dahulu. Apalagi yang bekerja hingga menyita waktu, maka istirahat adalah hal yang dilakukan agar pikiran menjadi fress. Bisa juga dengan menonton televisi. Hanya saja, perlu di pilih tontonan yang menyegarkan hingga membuat kita ikut tertawa. Seperti tayangan komedi, atau kisah-kisah inspiratif yang membuat kita bersemangat untuk melakukan sesuatu.
Hal lainnya adalah dengan jalan-jalan, baik ke mall, toko buku, atau sekedar muter-muter di komplek untuk melihat-lihat hal yang sederhana. Bisa juga untuk mengembalikan pikiran menjadi fress dengan canda tawa bersama keluarga atau teman. Apalagi era teknologi dan informasi bercanda lewat media sosial (medsos) menjadi kecenderungan yang dilakukan kebanyakan orang. Hanya saja, kita sendiri perlu meembatasi agar tidak terlalu over bermedsos ria.
Jika sudah fress pikiran kita, maka melakukan kegiatan menulis adalah hal yang harus kita lakukan. Hanya saja, agar semakin nyaman menjalani kegiatan menulis, menciptakan tempat yang untuk menulis perlu diwujudkan. Bisa dengan lesehan, duduk di kursi sambil memandang halaman yang ditemani segelas kopi atau teh, serta merasakan sambutan sepoi-sepoinya angin yang membikin kucuran ide tulisan mengalir deras tak terbendung. Jika hal ini diperhatikan, maka jadwal kegiatan menulis kita akan terasa menyenangkan.
Dan yang terakhir, untuk membantu kemudahan menulis maka menulis di gawai kiranya tidak salah menjadi alternatif untuk dicoba. Dari pada membawa laptop keberatan, rawan terjatuh dan sebagainya, maka memanfaatkan gawai untuk menulis adalah cara praktis mengisi waktu menulis agar senantiasa terpenuhi. Disamping kekinian, lewat gawai yang sudah ada MS Office-nya akan relatif mudah melakukan kebiasaan menulis. Catatannya, agar kegiatan menulis kita tidak terganggu mungkin perlu sejenak untuk mematikan data seluler paket internet. Tujuannya, agar pemberitahuan pesan medsos tidak muncul, mempengaruhi, hingga mengalihkan jadwal menulis rutin kita.
Jadi, sangat banyak kan manfaatnya menjadwal waktu menulis. Selain karena manfaat terbesar untuk membiasakan menulis, juga agar karya tulis kita cepat selesai. Apalagi menuliskan “target” adalah hal lainnya yang harus dibuat oleh penulis agar karya yang kita tulis tidak berhenti di tengah jalan. Melainkan secara kontinu kita tambah tulisannya hingga siap untuk di bukukan. Oleh karena itu, menjadwal waktu menulis itu hukumnya wajib bagi penulis agar kita produktif melahirkan karya.

Oleh: Usman Roin

Kolumnis di berbagai Media Cetak dan Online serta Trainer Menulis

Posting Komentar untuk "Pentingnya Jadwal Waktu Menulis"

Berlangganan via Email