Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Agar Produktif Menulis


MENULIS-memang penuh lika-liku emosi. Kadang ia menunjukkan capaikan yang luar biasa, namun pada suatu saat akan surut sebagaimana air laut. Apalagi bila sematan “penulis” sudah ada, tentu produktifitas menulis harus dijaga. Usahanya adalah dengan cara menulis, menulis dan menulis.
Menulis “walau dari dini” orang belajar, namun belum dijadikan sebagai kebiasaan (habit). Apalagi program literasi juga baru digemborkan. Tentu sumber untuk menghasilkan tulisan akan jauh dari panggang. Ibaratnya menulis belum menjadi kebiasaan sebagaimana kebutuhan pokok seperti makan, minum dsb. Alhasil, karya tulis akan minim dihasilkan oleh insan manapun.
Hal itu belum ditambah pengaruhi gaya hidup milenial sekarang ini. Dimana instan menjadi pemandangan keseharian. Alhasil lahirlah generasi “micin” yang hanya pintar merasakan tanpa tahu bagaimana berproses, mengasah potensi, hingga berjuang memerangi kemalasan dirinya sendiri. Boro-boro melahirkan karya, mengendalikan diri saja untuk berbuat positif tak jua dilakukan.
Menulis itu memang sulit. Namun ia menjadi kenikmatan bagi siapa yang merampungkan apa yang ia tulis. Menulis itu mencurahkan gagasan seperti perasan santan hingga terpilah putihnya air santan dari ampasnya. Itu artinya buah dari perasaan itulah ibaratnya sebuah tulisan yang kalau dibuat genre  apapun akan melahirkan aneka karya yang khas dan juga enak dinikmatinya.
Oleh karena itu, jika pembaca ingin menambah nominal karya tulis (hari, bulan, bahkan tahun) syaratnya harus menyediakan waktu untuk menulis. Ini artinya, langkah konkrit adalah menjadwal waktu menulis. Adapun waktunya, boleh pagi, sore, malam hingga menjelang fajar dipagi hari. Jika waktu menulis sudah di-planning tinggal kemudian ditaati sebagaimana taatnya orang terhadap tuannya. 

Jadi, itulah mekanisme ringkas penulis yang ingin produktif menghasilkan tulisan.  Selamat mencoba!

Oleh: Usman Roin
Kolumnis di berbagai Media Cetak dan Online serta Trainer Menulis

Posting Komentar untuk "Agar Produktif Menulis"

Berlangganan via Email