Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengintip Profil Pengguna Medsos

SIAPA-sih yang hari ini tidak punya media sosial (Medsos) mulai dari WhatApp, Instagram, Facebook, Line dan lain sebagainya.  Semua orang mulai dari tua, muda, anak hingga yang berprofesi apapun tentu mempunyai. Hanya saja, jenis dan kegunaannya yang berbeda dari sisi segmentasinya. 

Bila orang tua hadirnya medsos pada prinsipnya akan banyak digunakan untuk mempererat atau mengenang keromantisan dari masa muda yang dahulu pernah dilakoni bersama-sama dengan sesama teman. Hal lainnya, kehadiran medsos bagi kalangan orang tua (baik laik-laki atau perempuan) juga digunakan untuk saling membagi (sharing) aneka informasi baik terkait kesehatan atau berupa nasehat baik terkait agama, motivasi diri, hingga sekedar humor.  Yang penting justru keberadaan medsos bisa menghidupkan group. 


Porsi penggunaan medsos bagi orang tua juga sangat ngetrend dikalangan ibu-ibu. Bagi kaum hawa, keberadaan medsos kebanyak digunakan untuk memposting hasil kreatifitas atau produk sesuatu yang dipunyai. 


Bisa dari menu masakan yang dihasilkan untuk kemudian dibagikan kepada sesama ibu-ibu, atau dari yang punya produk baik jasa atau lapak (baik toko konvensional atau online) untuk kemudian dibagikan kepada sesama grup yang ada. Hal yang lain, medsos bagi ibu-ibu juga digunakan untuk mengunggah informasi tentang aktifitas yang telah dibentuk mulai dari arisan, senam, hingga sekedar menyalurkan hoby bersama-sama.

Bagi anak muda, medsos pada prinsipnya juga digunakan untuk membuat kelompok sesuai dengan usia mereka. Baik atas dasar se-visi, se-hoby, se-almamater, se-gank untuk kemudian digunakan berkomunikasi, tukar pikiran, hingga action terhadap keberadaan group yang dibentuk. 


Hanya saja, pada anak muda penggunaan medsos lebih maju dari sisi fungsi optimalisasi fitur-nya. Penyebabnya, anak muda suka mencoba-coba fitur yang disediakan hingga bila dari sisi penguasaan, kaum muda memang cepat menguasai dan akhirnya bisa tahu fungsi fitur yang ada dari pada kaum tua yang cenderung tidak neko-neko untuk senang mencoba berbagai fitur yang ada. 

Sedangkan bagi anak-anak, medsos hanya digunakan untuk ekskpresi kesenangan. Yakni, sarana menikmati permainan game yang ada dan tidak banyak memakai sarana medsos secara optimal. 


Oleh karena itu, bagi penulis kehadiran medsos memang satu sisi harus melihat siapa pemakainya. Justru yang penting adanya dengan adanya medsos hal-hal positif yang akan dihasilkan bisa seirama kepada siapa penggunanya. Sehingga tidak terjadi hal negatif perihal menggunakan medsos siapapun penggunanya.
 

Oleh: Usman Roin
Penulis adalah Kolomnis di Media Koran dan Penulis Buku “Langkah Itu Kehidupan”

Posting Komentar untuk "Mengintip Profil Pengguna Medsos"

Berlangganan via Email