Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asyiknya Punya Blog Sendiri

 MENGAKTIFKAN-blog pribadi yang lama tidak terurus adalah suatu yang mengasyikkan. Blog lama serasa mendapat perhatian lagi yang sebelumnya ditinggal begitu saja tanpa perhatian dan kasih sayang.  Padahal, dari blog  yang aktif lewat postingan aneka tulisan, justru akan memberi nilai lebih, utamanya bagi yang ghirah belajar menulisnya tidak pernah padam untuk segera bisa.

Keberadaan blog di era milenial ini memang sangat penting untuk mengkomunikasikan ide (pembuat) yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk tulisan. Mulai dari artikel, opini, puisi, cerita pendek dan bersambung, kata-kata mutiara hingga motivasi, hasil ceramah, informasi ter-update dan lain-lainnya. Itu kalau bagi yang demen menulis. Sedangkan bagi yang hoby fotografi, apapun itu jenisnya, keberadaan blog juga akan dijadikan sebagai tempat untuk menampilkan hasil jepretan, baik kamera, gadget dan lain sebagainya. 


Hanya saja, tidak banyak dari kita yang memanfaatkan blog untuk meningkatkan kreatifitas yang dimiliki. Padahal dari blog yang betul-betul terpercaya kridebelitasnya, akan banyak dijadikan rujukan bagi pembaca yang memerlukan ulasan mendalam akan materi yang dia cari atau sedang dalam proses penelaahan. 


Mempunyai blog bagi penulis seperti mempunyai kekayaan harta (karya) yang bisa dibaca banyak orang. Sehingga, walau belum bertatap muka secara langsung dengan pemiliknya, akan tetapi karyanya bisa diketahui dahulu hingga kemudian menjadikan sang penulis tersebut terkenal sebelum memperkenal diri secara fisik. 


Hadirnya blog juga akan memancing hingga membuat orang untuk memacu diri pandai memanfaatkan waktunya, dari yang tidak, kurang, hingga menjadi bermanfaatnya waktu yang ia miliki. Waktu sebagai bentuk kemurahan yang diberikan kepada Allah Swt, akan menghasilkan sesuatu yang positif baik dalam hal peningkatan kualitas diri hingga popularitas bila dialihkan fungsinya untuk memaksimalkan kreatifitas lewat keberadaan blog.


Adapun yang terakhir, blog juga punya manfaat mempersiapkan kita menjadi manajer atau orang yang trampil dalam mengelola sesuatu. Lihat saja, blog yang kita punyai itu tercetus dari ide kita sendiri pembuatannya, kemudian model template seperti apa yang diinginkan, lalu jenis input apa saja yang akan ditampilkan, higga kemudian bagaimana mejaga kelangsungan hidup blog tersebut agar tetap istikamah keberadaannya. 


Oleh karena itu, blog yang kita punyai bagi penulis menyimpan nilai kreativitas tinggi yang mengajarkan kita sebagai manajer untuk selalu inovatif dan kreatif dan bisa survive dengan kehidupan nyata. Jadi, sungguh luar biasakan bisa mempunyai blog sendiri. 


Oleh: Usman Roin 
Penulis adalah Ketua Umum Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (RISMA-JT) Periode 2005-2006, dan Pengajar Ekskul Jurnalistik di SMP Islam Terpadu PAPB Semarang.

Posting Komentar untuk "Asyiknya Punya Blog Sendiri"

Berlangganan via Email